You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Eka Mulya
Desa Eka Mulya

Kec. Mesuji Timur, Kab. Mesuji, Provinsi Lampung

Selamat Datang di Website Desa Eka Mulya SEHATI

Kegiatan Pembinaan Pendataan Aplikasi SDGs 2021 Desa Eka Mulya

USWATUN KHASANAH 06 Mei 2021 Dibaca 102 Kali
Kegiatan Pembinaan Pendataan Aplikasi SDGs 2021 Desa Eka Mulya

Kamis, 06 Mei 2021 Pukul 08.30 WIB s/d Selesai bertempat di Balai Desa Eka Mulya, kec. Mesuji Timur, Kab. Mesuji. Upaya pencapaian target SDGs menjadi prioritas desa saat ini, oleh karena itu Kepala Desa Eka Mulya bpk ( Khoirudin ) mengadakan kegiatan pembinaan pendataan aplikasi SDGs dan kendala-kendala yang ada di Desa Eka Mulya yang dihadiri oleh Kepala Desa Eka Mulya Bpk ( Khoirudin ), TA-PMD Bpk ( Fartigo Fardian, Sp ), TA-TTG Bpk ( Firdinal, S.Sos ), PLD Bpk ( M. Imron Rosyadi ), seluruh Aparatur Desa dan BPD.

Tujuan dan sasaran SDGs Desa merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, Setidaknya ada tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa,yaitu upaya untuk mensejahterakan masyarakat. Upaya pencapaian SDGs Desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung kegiatan pemulihan ekonomi masyaraka dalam kondisi Pandemi COVID-19 adalah :

  1. Desa tanpa kemiskinan,
  2. Desa tanpa kelaparan,
  3. Desa sehat sejahtera,
  4. Pendidikan desa berkualitas,
  5. Desa layak air bersih dan sanitasi,
  6. Pertumbuhan ekonomi desa merata,
  7. Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan,
  8. Desa tanpa kesenjangan,
  9. Kemitraan untuk pembangunan desa, dan
  10. Desa damai, Keadilan.

Adapun sambutan dan pembinaan dari TA-PMD Bpk ( Fartigo Fardian, Sp ) dan TA-TTG Bpk ( Firdinal, S.Sos ) untuk pencapaian SDGs yaitu dengan cara pendataa yang benar dan valid, untuk itu dibutuhkan kerjasama antara relawan SDGs dan Masyarakat Desa, yaitu dengan melakukan survey langsung kerumah-rumah penduduk secara detail untuk pengisian kuisioner, yang dilakukan oleh RK dan RT. Adapun untuk pengisian dan penginputan data secara Online akan dilakukan oleh Operator SDGs yang sudah ditunjuk dari Desa. Ada beberapa kendala dalam penginputan data pada Aplikasi SDGs Desa Eka Mulya, akan tetapi dengan adanya bimbingan  dan pembinaan aplikasi  SDGs oleh Beliau Bpk TA ( Tenaga Ahli ) maka kendala terebut dapat diselesaikan dengan baik. Pihak TA ( Tenaga Ahli ) sangat mendukung dalam mensukseskan program SDGs, Apanbila masih ada kendala saat penginputan data Online maka tidak perlu ragu untuk meminta bimbingan kembali kepada Bpk ( Fartigo Fardian, Sp ) ataupun Bpk ( Firdinal, S.Sos ) selaku TA ( Tenaga Ahli ). Program SDGs ini adalah bentuk perhatian dan kebijakan Pemerintah. “Ujar beliau”

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image