You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Eka Mulya
Desa Eka Mulya

Kec. Mesuji Timur, Kab. Mesuji, Provinsi Lampung

Selamat Datang di Website Desa Eka Mulya SEHATI

PELATIHAN HUKUM PEMERINTAH DESA DAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA

USWATUN KHASANAH 07 Juli 2022 Dibaca 111 Kali
PELATIHAN HUKUM PEMERINTAH DESA DAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA

Kepala Desa Eka Mulya Bapak Khoirudin, bersama Sekretaris Desa Bapak Dadan Rony Yusuf, Kasi Pemerintahan Uswatun Khasanah, A.Md. dan Ketua BPD Bapak Ibnu Suryanto mengikuti acara Pelatihan Hukum Bagi Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa se-Kecamatan Mesuji Timur. Hari ini Kamis, 07 Juli 2022 pukul 09.00 wib bertempat di Balai Desa Tanjung Mas Rejo, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung adalah hari pertama pelatihan dimana pelatihan dijadwalkan selama dua hari. Pada hari pertama ini Materi yang disampaikan ada 6 (enam) materi, pemateri dari Pihak Kapolres Mesuji yang didampingi Camat Mesuji Timur Bapak M. Belly Oscar, S.H., M.H. bersama dengan Bapak M. Johan C., A. Md.

Pelatihan dibuka dengan sambutan Camat Mesuji Timur Bapak M. Belly Oscar, S.H., M.H., yang mengharapkan tujuan pelatihan ini tercapai. Adapun tujuan pelatihan ini diadakan adalah agar Pemdes dan BPD memahami hukum.

"Jadi tolong simak dan pahami dengan seksama kemudian laksanakan. Kuncinya adalah niat yang betul-betul untuk membangun desa dengan tulus. Insyaa Allah pelanggaran-pelanggaran dapat dihindari atau ditiadakan." Kata Bapak M. Belly Oscar, S.H., M.H.

Kanit PPA Polres Mesuji IPDA Jerry A. Hutagalung menyampaikan materi mengenai Perlindungan terhadap Perempuan dan Anak. Dalam menyampaikan materinya, beliau menyampaikan bahwa:

"Pernikahan anak di bawah umur dan kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga masih menjadi PR bagi kita semua. Orang tua mempunyai hak 60 persen dalam mengawasi anaknya, 20 persen dari Sekolah dan 20 persen dari lingkungan lain. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting dalam membentuk pribadi anak. Keharmonisan dalam rumah tangga juga menjadi salah satu faktor dalam pembentukan karakter anak kita."

Materi kedua tentang Bahaya Narkoba disampaikan oleh Kasat Res Narkoba Polres Mesuji, IPTU David Herlis, S.H.

"Narkoba (Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif) sangat berbahaya efek sampingnya. Bisa berdampak pada kesehatan fisik, otak maupun mental." Ungkapnya.

Beliau juga berpesan "Sekecil apapun jabatan kita, kita adalah salah satu panutan untuk masyarakat di desa kita, jangan sampai memakai narkoba apalagi sampai kecanduan. Junjung tinggi kepercayaan masyarakat dan juga keluarga kita. Karena hanya ada dua pilihan untuk pengguna Narkoba yaitu masuk penjara atau mati."

Kasat Lantas Polres Mesuji IPTU Wahyu Dwi Kristanto, S.H., berkesempatan menyampaikan materi ketiga tentang Lalu Lintas.

"Indonesia menempati no. 5 (lima) dunia kasus kecelakaan lalu lintas. Hal ini terjadi karena masih banyaknya pengendara yang masih di bawah umur dan kurangnya memperhatikan peraturan lalu lintas. Padahal sebelum berkendara seharusnya memiliki 3 (tiga) persiapan, siap diri, siap kendaraan dan siap untuk mematuhi peraturan lalu lintas."

Setelah Ishoma acara dilanjutkan dengan materi keempat mengenai Tindak Pidana Korupsi. Kanit Tipidkor Polres Mesuji IPDA Apri Yansyah S.H., menyarankan agar desa memberdayakan perangkat desa dan pihak-pihak yang masuk dalam penyelolaan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) khususnya dana desa.

"Karena tindak pidana korupsi berawal dari unsur melawan hukum diantaranya penyalahgunaan tugas, tanggung jawab dan kewenangan dari jabatan yang diemban." Ungkapnya.

Materi selanjutnya mengenai Tindak Pidana Pertanahan, disampaikan oleh Kanit Tipiter Polres Mesuji IPDA Dita Hidayatullah. Tanah adalah aset yang tidak akan berubah sampai kapan pun kecuali terjadi bencana. Banyaknya tindak pidana mengenai pertanahan atau yang bersangkutan dengan tanah biasanya timbul akibat kurangnya pengetahuan mengenai hukum pertanahan.

"Bapak Kades jangan sungkan untuk silaturahmi maupun komunikasi ke Kantor BPN (Badan Pertanahan Negara) Mesuji, boleh bertanya maupun konsultasi langsung mengenai surat atau permasalahan mengenai pertanahan." Pesan Kanit Tipiter Polres Mesuji IPDA Dita Hidayatullah.

Materi pelatihan untuk hari ini ditutup dengan Implementasi POLMAS (Pemolisian Masyarakat) yang disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Mesuji IPTU Sarijo. Beliau mengatakan bahwa tujuan pengaturan POLMAS adalah terwujudnya kemitraan Polri dan masyarakat yang didasarkan pada kesepakatan bersama untuk menangani masalah sosial yang dapat mengganggu Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) guna menciptakan rasa aman, tertib dan tenteram.

*Opdes.Us

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image